Cara Membuat Graf dari Matriks Insidensi pada Program Maple

Pada program Maple, kita dapat membuat graf dari matriks adjasensi (Adjacency) dengan mendefinisikan suatu matriks adjasensi kemudian dari matriks tersebut dapat dibentuk dengan mendefinisikan graf dari matriks adjasensi dan dapat digambarkan grafnya secara langsung. Namun bagaimanakah untuk membuat graf dari matriks insidensi (Incidence)? Pada Program Maple tidak menyediakan feature untuk mengubah dari matriks insidensi ke suatu graf namun hal ini dapat dibentuk dari coding-coding tertentu. Dalam postingan ini saya memberikan contoh coding untuk membuat graf dari matriks insidensi. Berikut ini terdapat matriks insidensi dan ingin dibentuk ke suatu graf dengan menggunakan program Maple.






Input program dapat dilakukan sebagai berikut:


Output program dapat terlihat sebagai berikut:
Dalam input kata matinc dan soal3 bisa diganti sesuai dengan kehendakan kalian dalam membuat matriks dan juga grafnya. Dalam input ini tidak berlaku untuk graf berarah.

Semoga input dan output ini bisa membantu dalam membuat graf dari matriks insidensi ini.
Ditulis oleh: Wahyu Dwi Lesmono DSMLMD Blog Diposting pukul: 10:05:00 am

1 comment :

Apabila ada komentar, pertanyaan, maupun tanggapan silahkan kirimkan komentar disini sesuai dengan postingan ini. Jika terdapat isi komentar yang tidak pantas sesuai dengan etika dalam berkomentar di blog, maka komentar tidak akan dipublis. Pertanyaan dan tanggapan akan segera dibalas.