Cara Memberikan Warna Teks pada Microsoft Equation di Microsoft Word

Dalam membuat laporan, catatan, atau slide presentasi yang berhubungan dengan matematika, terkadang terdapat situasi dimana kita harus memberikan pewarnaan pada rumus atau persamaan yang kita buat. Perwarnaan tersebut bertujuan untuk menjelaskan maksud dari rumus atau persamaan yang ingin kita sampaikan. Bagaimana cara memberikan perwarnaan pada rumus atau persamaan pada Microsoft Equation atau Math Equation di Microsoft Word?




Sayangnya, Microsoft Word tidak memberikan fitur perwarnaa untuk aplikasi Microsoft Equation atau Math Equation sehingga hal ini sedikit menyulitkan untuk membuat penulisan rumus dengan warna sendiri di Microsoft Word. Adakah cara lain untuk memberikan perwarnaan rumus atau persamaan di Microsoft Word. Tentu ada! Bagaimana caranya? Menggunakan aplikasi add-on yang bernama MathType.

MathType merupakan aplikasi software yang dibuat oleh Design Science yang digunakan untuk menuliskan rumus ataupun persamaan bentuk matematika, baik didesktop maupun di aplikasi web. MathType ini sebenarnya hampir sama dengan Microsoft Equation atau Math Equation yang terdapat di Microsoft Word. Namun aplikasi software ini memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh Microsoft Word. Salah satunya seperti

1. Perwarnaan pada rumus atau persamaan matematika,
2. Bisa memilih jenis font yang berbeda disetiap karakter rumus atau persamaan matematika,
3. Bisa nulis rumus berdasarkan tulisan yang kita inginkan,
4. Dapat menuliskan rumus atau persamaan Matematika di Microsoft Powerpoint
5. Dapat menuliskan rumus atau persamaan Matematika ke bentuk coding MathML atau LaTeX

dan masih banyak lagi.

Aplikasi software MathType sangat berguna bagi kalian yang sedang menyusun laporan yang berhubungan dengan rumus matematika, mempermudah menjelaskan rumus atau persamaan matematika di presentasi slide, menuliskan rumus di blog, dan lain-lainnya.

Bagi yang ingin mencoba aplikasi software MathType anda bisa melihat dan mendownload aplikasi softwarenya disini.

MathType

Selamat mencoba!
Ditulis oleh: Wahyu Dwi Lesmono DSMLMD Blog Diposting pukul: 6:04:00 am

No comments :

Post a Comment

Apabila ada komentar, pertanyaan, maupun tanggapan silahkan kirimkan komentar disini sesuai dengan postingan ini. Jika terdapat isi komentar yang tidak pantas sesuai dengan etika dalam berkomentar di blog, maka komentar tidak akan dipublis. Pertanyaan dan tanggapan akan segera dibalas.