Manfaat dan Dampak Handphone

Bagi kalian yang pernah mendengarkan kata ini. Pasti rqasanya sudah tidak asing lagi bagi kita yang pernah mendengarnya. Handphone atau yang biasa kita sebut dengan singkatan HP ini merupakan alat komunikasi yang kita sering gunakan atau butuhkan dalam kehidupan kita. Bagi yang tidak mampu sih wajar mungkin belum punya HP. HP sering digunakan untuk berkomunikasi di tempat yang jauh apalagi sebagai penggantinya surat pos. Karena sudah semakin canggihnya HP ini maka surat pos yang sering kita gunakan dulu tidak terpakai lagi termasuk jasa posnya. Mungkin surat pos sekarang masih digunakan untuk mengirimi barang atau pesan ke saudara kita di tempat yang jauh walau sekarang keberadaannya langka.

Di Indonesia ini, HP merupakan alat komunikasi yang paling populer. Karena kemudahan fasilitas HP yang sudah disertai dengan foto kamera, video rekaman, mp3, dan lain-lain. Banyak sekali orang yang ingin menggunakannya termasuk orang pada masa anak-anak dan remaja. Belum lagi dengan adanya talking-talking (telponan) dan short message service (SMS). Jika anda ketahui saja, HP ini mempunyai banyak manfaat dan dampak bagi si pengguna ini. Mau tahu apa saja dampak dan manfaatnya itu. Lihat teks di bawah.

Manfaat Handphone dalam beberapa kategori dan fasilitasnya :

Teleponan : Dalam fasilitas komunikasi ini, telpon dalam HP sering digunakan untuk berkomunikasi dengan orang yang jauh dari kita, fasilitas ini berguna bagi kita yang ingin berbicara langsung dari jarak yang jauh. Selain itu jika kita SMS kepada seseorang tetapi tidak bisa membalasnya, kita bisa langsung menelponnya. Kalau ada hal penting yang ingin kita bicarakan kepadanya kita bisa menggunakannya. Itu merupakan manfaat dari HP. Lalu apa dampaknya ? Dampaknya positifnya ialah (1)Untuk meningkatkan jalinan sosialisasi dan hubungan tali silahturahmi kita. (2) Membantu dalam mencari teman [sama halnya dengan fungsi tema ini] (3) Bisa terselamatkan dari sosialisasi jarak pendek [Sosialisasi yang mudah tetapi sering mendatangkan musibah]. Dampak Negatifnya : (1) Kalau sering di pakai terus-menerus bisa menjadi hal kebiasaan bagi diri sendiri (2) Bisa merusak kuping kita (3) Fasilitas ini merupakan fasilitas yang berbahaya. Kenapa ? Karena Teleponan sering di gunakan untuk hal yang tidak-tidak. Seperti nomor yang misterius tetapi nomornya mengatakan akan mengancam si pemilik HP, pemalsu dalam mempromosikan sesuatu, dan lain-lain. Jadi, berhati-hatilah kalau dalam menggunakan fasilitas ini.

Short Message Service : Ini merupakan penjelasan yang telah saya tunggu-tunggu ini. Karena Short Message Service (SMS) ini mempunyai banyak manfaat dan dampaknya. Karena dulunya, saya saat melihat HP dari teman saya pas SMP. Sering sekali teman saya itu SMSan. Apalagi dalam hal-hal tertentu. Saya mempunyai rasa penasaran mengenai fasilitas HP yang disebut SMS ini. Sejak saya mempunyai HP, saya sudah mengetahui banyak sekali kegunaan dan dampak dari fasilitas HP yaitu SMS. Manfaat SMS diantaranya hampir sama dengan teleponan tetapi manfaatnya sebagai pengganti surat-penyurat dari surat pos. Biasanya SMS diperuntukan bagi orang yang malas berbicara secara langsung atau mempunyai rasa malu untuk bersosialisasi secara langsung. Adapun dampak positif dan negatifnya : (1) mendapatkan teman secara instan baik itu di sengaja maupun di sengaja (2) untuk menghibur diri sendiri dan orang lain (3) meningkatakn keingin tahuan pada orang yang misterius. Dampak negatifnya ini justru lebih banyak dari teleponan. Diantaranya :

1. Menimbulkan kekecewaan pada orang lain.
2. Menimbulkan rasa iri pada orang lain
3. Meningkatkan rasa malu pada diri-sendiri
4. Bisa pada teks dapat mengeluarkan kata-kata yang kasar.
5. Terdapat konten yang negatif.
6. Meningkatkan kesombongan pada diri-sendiri
7. Menumbuhkannya rasa kebiasaan untuk SMSan
8. dan lupa lagi

Camera : Salah satu fasilitas HP yang di sukai banyak orang. Camera terdapat 2 fungsi, diantaranya sebagai foto dan video. Banyak orang ingin menggayakan diorinya memelwati HP dan videonya. Karena ada hal itu, banyak orang tertarik pada orang yang melakukan banyak gaya. Memang pada dasarany seperti itu. Tapi banyak juga orang menggunakannya untuk masa kenang-kenangannya, kepentingan kerja, dan lain-lain. Itupun merupakan manfaat dari camera. Dampak Positifnya ialah : (1) membuat orang tertarik pada perhatiannya (2) Membantu dalam berpose jika dilihat seseorang (3) saya lupa lagi. Dampak Negatifnya ialah (1) di anggap orang gila (2) dapat mengakibatkan hal-hal yang negatif (3) membuat orang iri dan ingin dendam (4) lupa lagi.

Mungkin sih segitu yang saya sebutkan mengenai HP. Soalnya sekarang saya banyak lupanya. Tapi saya akan membuat polling disini mengenai HP. Jadi anda tinggal menjawabnya saja. Okey ? Oh ya mohon maaf kalau banyak yang kurang jelas dari penjelasan saya ^.^


























































Ditulis oleh: Wahyu Dwi Lesmono DSMLMD Blog Diposting pukul: 6:17:00 pm

No comments :

Post a Comment

Apabila ada komentar, pertanyaan, maupun tanggapan silahkan kirimkan komentar disini sesuai dengan postingan ini. Jika terdapat isi komentar yang tidak pantas sesuai dengan etika dalam berkomentar di blog, maka komentar tidak akan dipublis. Pertanyaan dan tanggapan akan segera dibalas.