Tempat Perbelanjaan (Mall) yang Ada di Kota Cibinong

Cibinong merupakan salah satu kecamatan yang terletak di wilayah Jabodetabek, tepatnya berada di Kabupaten Bogor. Kecamatan Cibinong merupakan pusat pemerintahan kabupaten Bogor. Seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan ekonomi di kecamatan Cibinong. Kini daerah Cibinong mulai berubah menjadi kota Cibinong. Hal ini disebabkan karena mulai dibangunnya beberapa tempat perbelanjaan dan sumber daya manusia yang sangat dibutuhkan untuk warga Cibinong dan sekitarnya. Selain itu, direncanakan bahwa Cibinong akan menjadi kota yang layak dikunjungi sebagai tempat wisata serta kota yang baik untuk menampung tenaga kerja yang saat ini sedang dibutuhkan.




Tak terlepas dari itu, pertumbuhan dan perkembangan ekonomi mulai tumbuh dari waktu ke waktu sehingga banyak beberapa fasilitas dan tempat penting mulai dikembangkan, dibangun, dan diaktifkan. Seperti contohnya dibangunnya ruko-ruko untuk warga yang ingin membuka usahanya, dibangunnya sekolah-sekolah yang mudah terjangkau bagi warga Cibinong dan sekitarnya, dibangun dan dikembangkannya tempat perbelanjaan dan hotel, dikembangkannya terminal Cibinong sebagai salah satu tempat transportasi antar kota yang mudah diakses oleh warga di luar Cibinong, diaktifkannya stasiun Cibinong sebagai akses bagi warga Cibinong dan warga luar Cibinong untuk bisa berpergian dengan naik kereta api Commuter Line Jabodetabek, tempat industri sebagai tempat produksi dan tempat sumber daya manusia dibutuhkan, serta perumahan dan kompleks bagi yang ingin tinggal di kota Cibinong.

Bagi pendatang dari luar kota Cibinong yang ingin berkunjung ke Cibinong dan membeli sesuatu untuk dibawa pulang alangkah baiknya bisa berkunjung ke tempat perbelanjaan yang ada di kota Cibinong ini selain mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di daerah Cibinong. Dalam postingan ini saya akan membahas mengenai tempat perbelanjaan yang ada di kota Cibinong. Untuk tempat wisata yang ada di kota Cibinong akan saya bahas secara terpisah.

Oh iya, untuk mencapai kecamatan/kota Cibinong ini untuk mudahnya kalian dapat naik kereta api Commuter Line Jabodetabek dan turun di stasiun Cibinong (Jika aktif). Disitu anda sudah tiba di Cibinong yang tepatnya berada di daerah Pabuaran, jalan sedikit ke arah kiri (timur) maka anda sudah berada di Pasar Cibinong. Namun bagi kalian tidak terakses ke stasiun Cibinong dengan kereta api Commuter Line Jabodetabek, anda dapat naik transportasi umum yang melewati Cibinong jika anda ingin ke Cibinong. Berikut ini adalah beberapa transportasi umum yang melewati daerah Cibinong:

1. Angkot 08 (warna hijau atau biru) relasi Pasar Anyar-Cibinong-Citeureup
2. Angkot 35 (warna biru) relasi Bambu Kuning-Cibinong
3. Angkot 32 (warna biru) relasi Taman Pagelaran-Cibinong
4. Angkot 37 (warna biru) relasi Kampung Rambutan-Cibinong
5. Angkot 38 (warna biru) relasi Gunung Putri-Cibinong-Pemda
6. Angkot 34 (warna biru) relasi Bambu Kuning-Sukahati-Pemda
7. Angkot 64 (warna biru) relasi Jonggol-Cileungsi-Cibinong
8. Angkot 71 (warna biru) relasi Abdul Gani-Cibinong
9. Angkot 72 (warna biru) relasi Kampung Sawah-Cibinong
10. Angkot 41 (warna biru) relasi Kampung Rambutan-Cibinong
11. Bus Miniarta relasi Kampung Rambutan-Cibinong-Bogor
12. Bus Miniarta relasi Depok-Cibinong-Bogor
13. Bus Deddy S. Putra relasi Kampung Rambutan-Cibinong-Bogor
14. Bus Karya Jaya relasi Depok-Cibinong-Bogor
15. APTB 05 relasi Grogol-Cibinong
16. Bus MGI (Maya Gapura Intan) relasi Bandung-Cibinong
17. Bus Mayasari Bakti Patas AC70A relasi Tanah Abang-Cibinong
18. Bus Metromini AC X2 relasi Pasar Senen-Cibinong
19. Bus Kowanbisata AC relasi Pulo Gadung-Cibinong
20. Bus Kowanbisata relasi Kampung Melayu-Cibinong
21. Bus Agra Mas relasi Poris-Cibinong
22. Bus Mayasari Bakti Patas AC 43 relasi Grogol-Cibinong
23. Bus Mayasari Bakti Patas AC 137 relasi Blok M-Cibinong
24. Bus Kosub Bersama relasi Tanjung Priok-Cibinong
25. Bus Miniarta relasi Depok-Cibinong-Citeureup
26. Bus Jaya Mini relasi Kampung Rambutan-Cibinong-Citeureup
27. Bus Damri relasi Bandara Soekarno Hatta-Cibinong
dan masih banyak lagi transportasi umum yang melewati daerah Cibinong. 

Berikut ini adalah tempat-tempat perbelanjaan yang ada di Kota Cibinong yang bisa anda kunjungi:

1. Cibinong Mall (ITC Cibinong)



Cibinong Mall adalah tempat perbelanjaan kedua yang dibangun di daerah Cibinong setelah Ramayana Cibinong. Lokasi Cibinong Mall terletak di Jalan Mayor Oking nomor 11, Kelurahan Ciriung, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Dulunya Cibinong Mall ini bernama ITC Cibinong, namun sehubungan dengan pergantian nama umum tempat perbelanjaan nama ITC Cibinong berubah menjadi Cibinong Mall. Sebelumnya lagi ITC Cibinong merupakan tempat penyimpanan kendaraan berat dinas. Seiring dengan meningkatnya potensi kebutuhan ekonomi warga Cibinong di sekitaran Ciriung, Kranggan, dan sekitarnya maka tempat penyimpanan kendaraan berat dipindahkan dan dibangun ITC Cibinong. Cibinong Mall menjadi salah satu tempat perbelanjaan bagi warga sekitaran Ciriung, Kranggan, dan sekitarnya karena lokasi yang sangat strategis. Cibinong Mall dekat dengan PT. Serena Indopangan dan PT. Santa Rosa Indonesia serta jalan menuju Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Rumah Sakit Sentra Medika.

Cibinong Mall ramai dikunjungi pengunjung tiap hari karena memiliki banyak ruko ataupun kios yang menjual pakaian, kacamata, barang-barang elektronik, parfum hingga food court, Super Games, tempat perbelanjaan Super Indo, dan masih banyak lagi.

2. Cibinong City Mall


Cibinong City Mall berbeda dengan Cibinong Mall. Cibinong City Mall merupakan tempat perbelanjaan terbesar yang ada di kota Cibinong. Lokasi yang terletak di pertigaan lampu merah Daralon Pemda Cibinong antara Jalan Bersih Gapura Tegar Beriman dan Jalan Raya Bogor ini merupakan tempat yang sangat strategis bagi seluruh warga Cibinong dan luar Cibinong karena dekat sekali dengan pusat pemerintahan kecamatan Cibinong dan kabupaten Bogor serta Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Cibinong City Mall yang beralamatkan di Jalan Tegar Beriman No. 1, Keluruhan Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor ini dulunya merupakan sebuah kompleks perumahan Tegar Beriman. Namun karena terlihat kumuh bahkan biaya tempat tinggal yang mahal maka para penduduk yang awalnya tinggal di tempat itu direlokasikan dan mulai dibangun Cibinong City Mall di sekitaran tahun 2012 setelah Cibinong City Point.

Pada beberapa tahun mendatang, Cibinong City Mall akan menjadi mall terbesar dan teramai di kota Cibinong. Hal ini disusul karena akan dibuat perhotelan dan kolam renang di hotel tersebut. Selain itu, beberapa tenant yang tersedia di Cibinong City Mall antara lain seperti Gramedia, Cinema XXI, Funworld, Carrefour, Oppo, Pizza Hut, Bakso Tembak Senayan, Ace Hardware, Informa, dan masih banyak lagi tenant terkenal dan unik yang ada di Cibinong City Mall ini. Pada hari libur atau weekend selalu dipadati oleh warga Cibinong dan luar Cibinong untuk bermain dan mengunjungi Cibinong City Mall sehingga tempat parkir di mall ini selalu penuh.

3. Cibinong City Point (Robinson Cibinong)

Cibinong City Point atau biasa disebut dengan Robinson Cibinong merupakan tempat perbelanjaan yang bersampingan dengan Ramayana Cibinong. Lokasi yang dekat sekali dengan Terminal Cibinong, Pasar Cibinong dan Stasiun Cibinong menjadi salah satu tempat perbelanjaan utama yang dikunjungi bagi orang luar Cibinong. Baik itu Ramayana Cibinong maupun Robinson Cibinong ini. Tempat perbelanjaan yang beralamatkan di Jalan Raya Bogor-Jakarta Km 42, Keluruhan Pabuaran, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor ini menjadi tempat persaingan perbelanjaan dengan dengan Ramayana Cibinong karena tempat yang berdekatan. Awalnya sebelum dibangunnya Cibinong City Point ini merupakan perumahan warga sekaligus ruko-ruko usaha yang tidak pernah terpakai sama sekali. Alhasil dibangunnya tempat perbelanjaan yang dapat diakses dari Terminal Cibinong. Cibinong City Point dibangun berbarengan dengan Cibinong Square dan Cibinong City Point merupakan mall kelima setelah Cibinong Square telah selesai dibangun.

Cibinong City Point menjadi tempat perbelanjaan yang diramaikan dengan acara-acara TV dan pentas musik lainnya. Seperti acara dashSyat RCTI, Inbox SCTV, band dan musisi terkenal, pentas seni, dan masih banyak lainnya. Selain itu, tenant yang ada di Cibinong City Point serupa dengan Ramayana Cibinong, hanya saja sedikit perbedaan terletak pada Food Court dan wahana rumah hantu didalamnya.

4. Cibinong Square

Cibinong Square merupakan salah satu tempat perbelanjaan lokasinya di Jalan Raya Bogor Km 44, Kelurahan Pekansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor yang berada dekat dengan pertigaan lampu merah Cikaret dan pertigaan jalan menuju Asrama Yon Bek Ang 1 Kostrad. Cibinong Square adalah tempat perbelanjaan yang dibangun setelah Carrefour Cibinong. Lokasi yang letaknya berdekatan dengan perkampungan warga Pakansari, Curug, Pasar Cikaret, serta komplek militer menjadi tempat perbelanjaan yang ramai bagi warga sekitaran Cibinong Square. Selain tempat yang strategis, tempat ini juga tak jauh lokasinya dengan Cibinong City Mall.

Cibinong Square menjadi tempat perbelanjaan yang diramaikan dengan acara-acara TV dan pentas musik lainnya yang serupa dengan Cibinong City Point. Hanya saja, tenant yang membuat Cibinong Square semakin unggul adalah adanya Pusat Perbelanjaan Giant dan Bioskop Platinum Cineplex termurah. Selain dua tenant itu, adapaun tenant lainnya seperti Food Cout A&W, Food Court kecil, Bookstore, tempat elektronik, olahraga, serta Game Center Time Zone.

5. Ramayana Cibinong

Ramayana Cibinong adalah tempat perbelanjaan pertama yang dibangun di daerah Cibinong. Ramayana Cibinong terletak di samping terminal Cibinong yang lokasinya juga tak jauh dari stasiun Cibinong. Letak Ramayana Cibinong terletak di Jalan Raya Bogor-Jakarta Km 42, Pasar Cibinong, Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Dahulunya, sebelum dibangun Ramayan Cibinong merupakan klinik dan rumah sakit wilayah Cibinong, namun sekarang ini digantikan dengan Ramayana Cibinong dan rumah sakit tersebut pindah ke Jalan KSR Dadi Kusmayadi, dekat dengan pusat pemerintahan kecamatan Cibinong. Namun sekarang ini Ramayana Cibinong bersebelahan dengan Robinson Cibinong (Cibinong City Mall) sehingga menjadi tempat persaingan perbelanjaan antara kedua tempat ini.

Ramayana Cibinong setiap hari ramai dikunjungi oleh warga Cibinong maupun warga luar Cibinong untuk berbelanja. Adapun tenant yang ada di Ramayana Cibinong antara lain KFC, Zone 2000, Ramayana Barang, Pakaian, dan lain-lainnya.

6. Carrefour Cibinong

Sumber: Wikimapia

Carrefour Cibinong merupakan tempat perbelanjaan ketiga setelah ITC Cibinong (Cibinong Mall) yang beralamatkan di Jalan Raya Bogor Km 41.5, Kelurahan Tapos, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Carrefour Cibinong dikhususkan untuk tempat perbelanjaan yang dikelola oleh PT. Trans Retail Indonesia untuk membangun hypermarket ternama, yaitu Carrefour Indonesia. Lokasi yang dekat dengan Fly Over Jalan Raya Bogor dan letaknya tak jauh dari Stasiun Cibinong dan Terminal Cibinong menjadi salah satu tempat perbelanjaan yang wajib dikunjungi bagi warga luar Cibinong maupun warga sekitaran Tapos, Pabuaran, dan Depok. Carrefour Cibinong juga dekat dengan Pindahan Pasar Tumpah Cibinong yang sebelumnya berada di pusat Pasar Cibinong. Sebelum Carrefour Cibinong dibangun merupakan lokasi ladang rumput sebagai lahan kosong untuk dibuat pembangunan tertentu. Karena sampai saat itu belum ada yang ingin merencanakan pembangunan di lokasi tersebut akhirnya perusahaan Carrefour Indonesia membangun Carrefour Cibinong sebagai tempat kemudahana untuk warga Cibinong berbelanjaan di sekitaran Tapos, Pabuaran, dan sekitarnya.

Tenant yang ada di Carrefour Cibinong tidak hanya hypermarket Carrefour Indonesia, melainkan Game Center dan Food Court lainnya. Tak heran jika Carrefour Cibinong menjadi tempat perbelanjaan teramai karena lokasinya yang strategis.

Kesimpulan: Secara Sejarah dibangunnya Tempat Perbelanjaan (Mall) yang ada di Kota Cibinong, urutan dibangunnya Tempat Perbelanjaan (Mall) di Cibinong adalah sebagai berikut:

Ramayana Cibinong -> ITC Cibinong (Cibinong Mall) -> Carrefour Cibinong -> Cibinong Square -> Cibinong City Point -> Cibinong City Mall

Semoga daftar tempat perbelanjaan (mall) yang ada di kota Cibinong dapat membantu anda untuk bisa berkunjung untuk membeli sesuatu di kota Cibinong setelah anda berwisata di kota Cibinong ini.

Ditulis oleh: Wahyu Dwi Lesmono DSMLMD Blog Diposting pukul: 7:52:00 pm

No comments :

Post a Comment

Apabila ada komentar, pertanyaan, maupun tanggapan silahkan kirimkan komentar disini sesuai dengan postingan ini. Jika terdapat isi komentar yang tidak pantas sesuai dengan etika dalam berkomentar di blog, maka komentar tidak akan dipublis. Pertanyaan dan tanggapan akan segera dibalas.