Situs-Situs yang Menyediakan Latihan Soal Matematika dan Fisika

Bagi penggemar matematika dan juga fisika selalu memiliki aktivitas untuk memperdalam materi yang ingin dia pelajari dengan cara belajar melewati latihan soal-soal yang baru. Ketika kita ingin mencoba soal-soal yang baru, terkadang kita harus memiliki buku sebagai pegangan sekaligus referensi untuk melatih soal yang baru. Namun tentunya hal ini memberatkan kita dari segi finansial karena kita harus membeli buku yang berkualitas untuk mencoba latihan soal yag lainnya. Jika kita pinjam buku dari seseorang, terkadang ada perasaan yang gak enak dengan orang bahwa kita harus mengembalikan buku tersebut tepat waktu dengan kondisi buku yang baik.




Lalu bagaimanakah kita ingin mencoba latihan soal matematika dan fisika jika keadaannya seperti ini? Tenanglah. Di Internet terdapat beberapa situs yang bisa anda kunjungi untuk mencoba latihan soal matematika dan fisika yang disediakan di sana. Sehingga anda tidak perlu repot-repot pinjam ke orang lain bahkan mengeluarkan uang untuk membeli buku latihan soal. Dalam postingan ini, saya memberikan situs-situs yang menyediakan latihan soal matematika dan juga fisika.

Berikut ini situs-situs yang menyediakan latihan soal matematika dan fisika:

1. Brilliant.org







Brilliant.org merupakan situs organisasi edukasi yang menyediakan berbagai fasilitas bagi penggemar matematika, fisika dan komputer. Seperti pembuatan soal matematika, fisika, dan komputer bagi user yang ingin mencoba, latihan materi dasar mengenai matematika, fisika, dan komputer, serta diskusi soal serta tantangan soal yang diberikan oleh user di seluruh dunia. Situs ini merupakan situs yang terbaik bagi anda yang ingin mencoba soal-soal yang dibuat oleh orang lain di seluruh dunia dengan bahasa inggris. Fasilitas seru yang lain pada situs Brilliant.org adalah score yang dicapai saat ini. Ketika kita menjawab soal dari user lain dan jawaban kita benar, kita mendapatkan score tertentu berdasarkan tingkat kesulitan dari soal yang dibuat oleh user itu. Kemudian adapun fasilitas lainnya yaitu Days Strike, yaitu fasilitas yang menyatakan sampai berapa harikah kita terus menjawab soal di situs tersebut secara terus menerus tanpa henti. Selain itu, fasilitas yang tak kalah seru adalah leveling dari setiap bidang pelajaran yang kita selesaikan. Ketika kita sering menyelesaikan soal pada bidang pelajaran tertentu, level kita akan meningkat. Sehingga kita bisa mencoba level yang lebih rumit di bidang pelajaran yang lain.

Banyak anak-anak sekolahan, kuliahan, hingga orang dewasa dan umum yang mencoba melatih soal matematika, fisika, serta komputer di situs Brilliant.org. Jadi tak heran jika anda melihat orang dari luar negeri sana yang kebanyakan berasal dari anak-anak berumuran 12 hingga 17 tahun yang sudah jago membuat soal yang rumit serta dapat menjawab soal-soal yang rumitnya gak ketulungan. Apakah anda bisa menggungguli mereka ataukah anda adalah satu-satunya yang bisa seperti mereka? Ujilah kemampuan anda di situs brilliant.org.

2. Yahoo Answer



Yahoo Answer merupakan wadah bagi seseorang untuk berbagi pertanyaan dan juga jawaban dalam topik tertentu. Sebenarnya di situs ini juga menyediakan fasilitas bagi anda yang ingin mencoba menjawab pertanyaan dari seseorang yang butuh jawaban atau yang sedang kesulitan dan juga menyediakan fasilitas bagi anda yang sedang kebingungan membutuhkan jawaban dari pertanyaan yang anda dapat. Di Yahoo Answer ini terdapat fasilitas point dan level, setiap anda memberikan jawaban pada suatu pertanyaan maka anda mendapatkan point, setiap anda memvote jawaban yang terbaik maka anda mendapatkan point pula, memberikan jawaban yang terbaik pada pertanyaan anda juga mendapatkan point pula. Namun point akan berkurang apabila anda menghapus jawaban anda sendiri dan membuat pertanyaan sendiri. Sistem leveling di situs ini bergantung kepada besarnya point, semakin besar point tertentu yang didapat maka level akan meningkat.

Biasanya bagi anda yang mencari topik yang berhubungan dengan matematika dan juga fisika, kebanyakan penanya adalah orang yang butuh pertolongan untuk menjawab PR-PR mereka. Bagi anda yang ingin mencoba latihan soal, cobalah untuk membantu PR-PR mereka. Selama anda tidak mencoba dan ketergantungan untuk menanyakan PR juga di situs itu, anda dapat menjadi bagian kontributor penjawab soal-soal matematika dan juga fisika di Yahoo Answer. Apakah anda bisa menjadi kontributor untuk memberikan solusi bagi penanya matematika dan fisika? Ujilah kemampuan anda di situs Yahoo Answer.

Semoga situs-situs ini bisa membantu anda untuk mencoba latihan-latihan soal matematika dan fisika tanpa harus mengeluarkan uang serta tidak perlu meminjam buku lagi.
Ditulis oleh: Wahyu Dwi Lesmono DSMLMD Blog Diposting pukul: 7:09:00 am

No comments :

Post a Comment

Apabila ada komentar, pertanyaan, maupun tanggapan silahkan kirimkan komentar disini sesuai dengan postingan ini. Jika terdapat isi komentar yang tidak pantas sesuai dengan etika dalam berkomentar di blog, maka komentar tidak akan dipublis. Pertanyaan dan tanggapan akan segera dibalas.