Kata Benda serta Gender Benda pada Bahasa Jerman

Dalam postingan ini saya akan membahas mengenai kata benda serta gender benda pada bahasa jerman. Kata benda Jerman (orang, tempat atau benda, Substantif) sangat mudah untuk dilihat: mereka selalu mulai dengan huruf BESAR! Jerman adalah bahasa dunia yang satu-satunya yang mengkapitalisasi semua kata benda. Meskipun ada perdebatan selama bertahun-tahun tentang menyingkirkan dengan praktek yang agak tidak efisien, untuk saat ini SEMUA kata benda di Jerman harus dimulai dengan huruf kapital. Entah kita berbicara tentang sebuah pohon sederhana (ein Baum) atau Deutsche Bank, kata benda apapun dikapitalisasi dalam bahasa Jerman.



Hal penting lainnya untuk non-deutsch speaker untuk memahami tentang kata benda Jerman adalah masalah gender. Sama seperti kita belajar tentang kata ganti, kata benda Jerman sejajar he, she, and it (er, sie, es) bisa juga sebagai maskulin (der), feminin (die) atau netral (das). Kita bisa melihat kesejajaran dengan sangat jelas dengan huruf akhir untuk setiap artikel / ganti: der = er, die = sie, das = es.

Der, die, dan das sama dengan ”the” dalam bahasa inggris = the DEFINITE ARTICLE. Di dalam bahasa Jerman, the Definite Article jauh lebih penting dibandingkan dalam bahasa Inggris. Untuk satu hal, hal itu sering sekali digunakan. Dalam bahasa inggris kita bisa mengatakan, “Nature is Wonderful” Di Jerman, artikel itu akan bisa juga disertakan: "Die Natur ist Wunderschön." Jadi mengetahui mana artikel untuk penggunaan menjadi lebih penting.

Gender terkadang alamiah. Der Mann/ein Mann (Mann, Maskulin), die Frau/eine Frau (Woman, Feminin), namun kata ganti sejajar ”it” itu bukan, das Mädchen (girl, netral). Ini tidak juga bahwa kata benda gender tidak membawa lebih dari satu bahasa ke bahasa lain. Matahari merupakan feminin dalam bahasa Jerman (die Sonne) tetapi maskulin dalam bahasa Spanyol (el sol). Sebuah meja, maskulin dalam bahasa Jerman (der Tisch) tetapi feminin dalam bahasa Prancis (la table). Tapi itu merupakan sebuah KATA, bukan sesuatu yang memiliki gender. Berkonsentrasilah dalam mempelajari gender. Menghafal adalah kuncinya,  tapi kamu bisa juga menggunakan petunjuk kecil untuk membantumu mengingat sebuah kata benda bergender. Sebagai contoh, untuk mengingat dirimu bahwa die Natur, nature (alam), adalah feminin, kamu boleh berpikir mengenai ”Mother Nature”. Ketika kamu melanjutkan belajarmu, jangan lupa untuk belajar sebuah kata benda baru dan gendernya bersama sebagai satu unit. Ini langkah penting untuk menjadi peningkatan yang penting ketika kamu berada dalam level Advance dalam bahasa Jerman.

Dibawah ini merupakan beberapa contoh kata benda dalam Bahasa Jerman dan gendernya.

Kata benda – Substantif

Nominatif Tunggal

Artikel: der/ein
Gender: Maskulin
Contoh kata benda: der Bahnhof (train station), Sohn (son), Vater (father), Wagen (car), Zug (draft, parade, train)

Artikel: die/eine
Gender: Feminin
Contoh kata benda: die Anlage (installation, park), Dame (lady), Festung (fortress), Gesundheit (health), Luft (air)

Artikel: das/ein
Gender: neuter
Contoh kata benda: das Boot (boat), Dach (roof), Geld (money), Jahr (year), Kino (cinema, movie theater), Radio

Nominatif Jamak

Artikel: die/keine/meine
Gender: plural
Contoh kata benda (jamak/plural):      die Bücher (books), Dächer (roofs), Fenster (windows), Jahre (years), Radios, Söhne (sons), Zeitungen (newspapers)

Catatan: Semua kata benda, apapun gendernya, menjadi die pada bentuk jamak/plural. (Ein tidak bisa dipluralkan, namun yang lain yang bisa disebut ”kata ein” bisa: keine (none), meine (my), seine (his/its), dll) Itu merupakan kabar baiknya. Namun kabar buruknya adalah bahwa terdapat banyak cara ke bentuk Plural dalam kata benda di Jerman, hanya satu yang adalah untuk menambahkan "s" - seperti dalam bahasa Inggris.

Hampir semua bahasa mempunyai kata benda bergender, baik masculine maupun feminin. Di Jerman, selain mengkapitalisasikan semua kata benda, semua kata benda memiliki gender tersendiri dan di Jerman terdapat tambahan satu gender yaitu neuter. Untuk Masculine, definite article (the) nya adalah der. Feminin adalah die. Dan Neuter adalah das. Deutsch-speakers hanya tampaknya tau apakah Wagen (car) itu der atau die atau das. (Es ist der Wagen). Dan mereka tahu bahwa kata Jerman lain untuk mobil adalah das Auto. Tapi ketika mengacu pada mobil dengan nama merek, itu selalu der Ford, der VW, atau der Mercedes.

Ini bukan orang yang sebenarnya, tempat atau sesuatu yang memiliki gender/jenis kelamin dalam bahasa Jerman, tetapi KATA yang berdiri untuk hal yang sebenarnya. Itulah mengapa "mobil" dapat berupa das Auto (neuter) atau der Wagen (masculine).

Lupakan saja yang menghubungkan gender untuk makna tertentu atau konsep. Meskipun kata benda untuk orang-orang sering mengikuti gender alami, ada pengecualian seperti das Mädchen, girl. Ada tiga kata Jerman yang berbeda untuk "ocean" atau "see" semua gender/jenis kelamin yang berbeda: der Ozean, das Meer, die See. Kata "matahari" adalah maskulin dalam bahasa Spanyol (el sol) tapi feminin dalam bahasa Jerman (die Sonne). Bulan dalam bahasa Jerman adalah maskulin (der Mond), sementara bulan dalam Spanyol adalah feminin (la luna). Itu cukup untuk membuat non-Deutsch speaker menjadi gila.

Aturan umum yang baik untuk belajar kosakata Jerman adalah untuk memperlakukan artikel dari sebuah kata benda sebagai bagian yang tak terpisahkan dari kata itu. Jangan hanya pelajari Garten (Garden), pelajari der Garten. Jangan hanya pelajari Tür (door), pelajari die Tür. Tidak mengetahui jenis kelamin sebuah kata dapat menyebabkan semua jenis masalah lain: das Tor merupakan the Gate atau the Portal. der Tor adalah orang bodoh. Apakah Kamu bertemu dengan seseorang di laut (am See = in the sea) atau melalui laut (an der See = by the sea)?

Tapi ada beberapa petunjuk yang dapat membantu Kamu mengingat jenis kelamin kata benda Jerman. Pedoman ini bekerja untuk kategori benda banyak, tetapi tentu tidak untuk semua. Untuk banyak kata benda, kau hanya perlu tahu gendernya. (Jika kamu ingin menebaknya, tebaklah der. Presentasi tertinggi kata benda Jerman adalah Masculine). Beberapa petunjuk berikut ini hal yang pasti 100 persen, sementara yang lain memiliki pengecualian.

Salah satu aspek mudah dalam kata benda Jerman adalah artikel yang digunakan untuk kata benda bentuk jamak. Semua kata benda Jerman, tanpa memkamung jenis kelamin, menjadi die di nominatif dan akusatif jamak. Jadi kata benda seperti das Jahr (Year) menjadi die Jahre (Years) dalam bentuk jamak. Kadang-kadang satu-satunya cara untuk mengenali bentuk jamak dari kata benda Jerman adalah oleh artikel: das Fenster (Windows) - die Fenster (Windows)

Setelah Kamu menguasai Tips Gender ini Kamu tidak perlu membuat tebakan bodoh. Misalnya, jika Kamu mencoba mengingat gender sungai, itu bodoh untuk menebak dengan das karena semua sungai baik maskulin atau feminin-seperti pada der Rhein atau die Donau (Danube). Jika Kamu tahu aturan, Kamu memiliki peluang fifty-fifty menjadi benar bukan hanya satu dari tiga. Lainnya petunjuk yang baik: sebagian besar sungai-sungai di luar Eropa adalah maskulin (kecuali untuk beberapa berakhir –a atau –e), der Mississippi, der Nil, der Amazonas.

Ingat, selalu belajar setiap kata benda Jerman baru dengan gendernya! Tetapi jika Kamu kebetulan lupa gendernya (asal jangan lupa gender kamu sendiri), Kamu akan menemukan petunjuk berikut untuk membantu gender Jerman.

Petunjuk Gender

Ketika belajar kata benda Jerman, selalu memperlakukan artikel sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari kata itu! Bukan Wasser, tapi das Wasser. Bukan Hund, tapi der Hund. Namun, itu bisa sangat membantu untuk mengetahui tentang generalisasi gender di bawah ini.

Petunjuk ini, gender Jerman dibagi menjadi dua kategori utama: "Selalu" (tidak ada atau sedikit pengecualian aturan) dan "Biasanya" (beberapa pengecualian). Satu aturan gender yang lebih penting untuk diingat: dalam kata benda majemuk, kata terakhir menentukan jenis kelamin (seperti pada die Geburt + der Ort = der Geburtsort, birthplace).

MÄNNLICH – der
Selalu Masculine (der/ein):

1. Hari, bulan, dan musim: Montag, Juli, Sommer (Monday, July, summer). Satu pengecualian yaitu das Frühjahr, kata lain untuk der Frühling, spring.
2. Titik pada kompas, lokasi peta dan angin: Nordwest(en) (northwest), Süd(en) (south), der Föhn (warm wind out of the Alps), der Scirocco (sirocco,sebuah angin padang pasir yang panas).
3. Presipitasi: Regen, Schnee, Nebel (rain, snow, fog/mist)
4. Nama mobil atau kereta: der VW, der ICE, der Mercedes. (Tapi sepeda motor dan pesawat udara yaitu feminin)
5. Kata yang akhirannya -ismus: Journalismus, Kommunismus, Synchronismus (setara dengan kata –ism dalam Bahasa Inggris)
6. Kata yang akhirannya -ner: Rentner, Schaffner, Zentner, Zöllner (pensioner, [train] conductor, hundred-weight, customs collector). Bentuk feminine tambahkan -in (die Rentnerin).
7. Elemen dasar udara yang akhirannya -stoff: der Sauerstoff (oxygen), der Stickstoff (nitrogen), der Wasserstoff (hydrogen), dan carbon (der Kohlenstoff). Hanya element lain (dari 112) yang merupakan Masculine adalah der Phosphor dan der Schwefel (sulphur). Catatan: Semua element kimia lainnya adalah neuter (das Aluminium, Blei, Kupfer, Uran, Zink, usw.).

Biasanya Masculine (der/ein):

1. Agents (orang yang melakukan sesuatu), sebagian besar pekerjaan dan kewarganegaraan: der Architekt, der Arzt, der Deutsche, der Fahrer, der Verkäufer, der Student, der Täter (architect, physician, German [person], driver, salesman, student, perpetrator). Catatan bahwa bentuk feminin dari hal ini selalu diakhiri dengan -in (die Architektin, die Ärztin, die Fahrerin, die Verkäuferin, die Studentin, Täterin, kecuali die Deutsche).
2. Benda yang diakhiri dengan -er, ketika menunjukkan kepada seseorang (kecuali die Jungfer, die Mutter, die Schwester, die Tochter, das Fenster
3. Nama-nama minuman beralkohol: der Wein, der Wodka (kecuali das Bier)
4. Nama-nama gunung dan danau: der Berg, der See (kecuali puncak tertinggi di Jerman, die Zugspitze mengikuti aturan untuk feminine yang berakhiran -e, dan die See adalah the sea).
5. Sebagian besar sungai yang ada di luar Eropa: der Amazonas, der Kongo, der Mississippi
6. Sebagian besar kata benda yang berakhiran -ich, -ling, -ist: Rettich, Sittich, Schädling, Frühling, Pazifist (radish, parakeet, pest/parasite, spring, pacifist)

WEIBLICH - die
Selalu Feminine (die/eine):

1. Kata benda yang berakhirannya mengikuti sufiksnya: -heit, -keit, -tät, -ung, -schaft - Contoh: die Freiheit, Schnelligkeit, Universität, Zeitung, Freundschaft (freedom, quickness, university, newspaper, friendship). Catatan bahwa sufiks ini biasanya mempunyai kesuaian dengan sufiks Inggris, seperti -ness (-heit, -keit), -ty (-tät), -ship (-schaft).
2. Kata benda akhirannya -ie: Drogerie, Geographie, Komödie, Industrie, Ironie (sering setara dengan kata yang berakhiran -y dalam Inggris)
3. Nama-nama pesawat udara, kapal, dan sepeda motor: die Boeing 747, die Titanic, die BMW (untuk motorbike; untuk the car yaitu der BMW). Artikel die berasal dari die Maschine, yang bisa berarti plane, motorbike dan engine. (Pengingat yang cukup membantu: Ships seringkali dirujuk sebagai "she" dalam Inggris)
4. Kata benda berakhiran -ik: die Grammatik, Grafik, Klinik, Musik, Panik, Physik
5. Kata benda bawaan (asing) yang berakhiran: -ade, -age, -anz, -enz, -ette, -ine, -ion, -tur: Parade, Blamage (shame), Bilanz, Distanz, Frequenz, Serviette (napkin), Limonade, Nation, Konjunktur (economic trend). Catatan: kata-kata tersebut sering setara menyerupai bahasa Inggris. Akhiran langka -ade kecuali: der Nomade.
6. Nomor Kardinal: eine Eins, eine Drei (a one, a three)

Biasanya Feminine (die/eine):

1. Kata benda berakhiran -in yang berhubungan dengan orang perempuan, pekerjaan, kewarganegaraan: Amerikanerin, Studentin (female American, student), kecuali der Harlekin dan juga banyak yang bukan kata-kata orang: das Benzin, der Urin (gasoline/petrol, urine).
2. Sebagian besar kata benda berakhiran in -e: Ecke, Ente, Grenze, Pistole, Seuche (corner, duck, border, pistol, epidemic), kecuali der Deutsche, das Ensemble, der Friede, der Junge ([the] German, ensemble, peace, boy)
3. Kata benda berakhiran -ei: Partei, Schweinerei (party [political], dirty trick/mess), kecauli das Ei, der Papagei (egg, parrot).
4. Sebagian besar jenis bunga-bunga dan pepohonan: Birke, Chrysantheme, Eiche, Rose (birch, chrysanthemum, oak, rose), kecuali der Ahorn, (maple), das Gänseblümchen (daisy), dan kata untuk the tree adalah der Baum
5. Kata benda bawaan (asing) yang berakhiran -isse, -itis, -ive: Hornisse, Initiative (hornet, initiative)

SÄCHLICH - das
Selalu Neuter (das/ein):

1. Kata benda akhirannya -chen atau -lein: Fräulein, Häuschen, Kaninchen, Mädchen (unmarried woman, cottage, rabbit, girl/maiden)
2. Digunakan sebagai kata benda infinitif (gerunds): das Essen, das Schreiben (eating/food, writing)
3. Hampir semua 112 elemen kimia yang sudah diketahui (das Aluminium, Blei, Kupfer, Uran, Zink, Zinn, Zirkonium, usw.) – kecuali enam yang merupakan masculine: der Kohlenstoff (carbon), der Sauerstoff (oxygen), der Stickstoff (nitrogen), der Wasserstoff (hydrogen), der Phosphor and der Schwefel (sulphur). Catatan: sebagian besar element yang berakhiran -ium, das artikelnya.
4. Nama-nama hotel, cafés dan theaters
5. Nama-nama warna yang digunakan sebagai kata benda: das Blau, das Rot (blue, red)

Biasanya Neuter (das/ein):

1. Nama tempat geografis (kota, negara, benua): das Berlin, Deutschland, Brasilien, Afrika (tapi pelajari negara non-das, seperti: der Irak, der Jemen, die Schweiz, die Türkei, die USA [plural]) 
2. Hewan-hewan muda dan oang-orang muda: das Baby, das Küken (chick); kecuali der Junge (boy).
3. Sebagian besar logam: Aluminium, Blei, Kupfer, Messing, Zinn (aluminium, lead, copper, brass, tin/pewter; kecuali die Bronze, der Stahl - bronze, steel)
4. Kata benda berakhiran -o (sering serumpun dari bahasa Latin): das Auto, Büro, Kasino, Konto (account), Radio, Veto, Video - Catatan: pengecuali: die Avocado, die Disko, der Euro, der Scirocco, dan lain-lain.
5. Pecahan: das/ein Viertel (quarter), das/ein Drittel (kecuali die Hälfte, half)
6. Sebagian besar yang diawali dengan Ge-: Genick, Gerät, Geschirr, Geschlecht, Gesetz, Gespräch (back of the neck, device, dishes, gender, law, conversation), kecuali ada banyak pengecualian, seperti der Gebrauch, der Gedanke, die Gefahr, der Gefallen, der Genuss, der Geschmack, der Gewinn, die Gebühr, die Geburt, die Geduld, die Gemeinde, die Geschichte, dan lainnya)
7. Sebagian besar kata benda bawaan (asing) berakhiran -ment: Ressentiment, Supplement (but der Zement, der/das Moment [2 perbedaan arti])
8. Sebagian besar kata benda yang berakhiran -nis: Versäumnis (neglect; kecuali die Erlaubnis, die Erkenntnis, die Finsternis)
9. Sebagian besar kata benda yang berakhiran -tum atau -um: Christentum, Königtum (Christianity, kingship; kecuali der Irrtum, der Reichtum - error, wealth)

Semoga materi mengenai kata benda serta gender benda pada bahasa jerman bermanfaat bagi kalian yang ingin mengetahui mengenaigender beda pada bahasa jerman.
Ditulis oleh: Wahyu Dwi Lesmono DSMLMD Blog Diposting pukul: 10:14:00 pm

1 comment :

Apabila ada komentar, pertanyaan, maupun tanggapan silahkan kirimkan komentar disini sesuai dengan postingan ini. Jika terdapat isi komentar yang tidak pantas sesuai dengan etika dalam berkomentar di blog, maka komentar tidak akan dipublis. Pertanyaan dan tanggapan akan segera dibalas.